PT. Rifan Financindo Berjangka News

Gambar 12 Pahlawan Nasional Bakal Menghiasi Uang NKRI

14 Sep 2016 - 14:32 WIB

Pahlawan Nasional Menjadi Gambar Utama Uang NKRI | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Sebagai pelaksanaan dari keputusan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pemerintah memutuskan akan menggunakan 12 gambar pahlawan yang telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional sebagai gambar utama pada bagian depan mata uang Rupiah kertas dan mata uang Rupiah logam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Langkah tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada Pahlawan Nasional.

Menurut Keppres tersebut, penggunaan gambar dan nama Pahlawan Nasional sebagaimana dimaksud telah mendapat persetujuan dari ahli waris masing-masing pahlawan nasional.

“Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” bunyi Pasal 3 Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 2016 yang telah ditetapkan oleh Jokowi pada 5 September 2016 itu.

Keppres tersebut telah ditandatangani oleh Jokowi pada 5 September 2016 lalu. “Sesuai dengan gambar dan nama termuat dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Presiden ini,” bunyi Pasal 1 Keppres tersebut seperti dikutip dari laman Setkab.go.id, Rabu (14/9/2016).

Uang Logam Bakal Pakai Gambar Pahlawan Nasional | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Ada satu hal yang unik dari pecahan uang logam Rupiah kali ini. Seperti diketahui sebelumnya pecahan uang logam identik dengan gambar jenis flora maupun fauna khas Tanah Air.

Tapi, pada Keppres yang baru ini, Jokowi memilih untuk menggantikan gambar aneka flora dan fauna tersebut dengan gambar para pahlawan. Berikut daftar informasi gambar baru pada pecahan uang logam Rupiah sebagaimana dihimpun dari Okezone, Rabu (14/9/2016):

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gambar utama pada uang pecahan logam kini berganti dari yang biasanya bergambar aneka flora dan fauna, kini berganti menjadi gambar pahlawan.

Gambar fauna burung Jalak Bali pada bagian depan pecahan uang logam Rp200 digantikan dengan gambar Pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo.
Gambar fauna burung Kakaktua Raja pada bagian depan pecahan uang logam Rp100 digantikan gambar Pahlawan Nasional Prof.Dr.Ir. Herman Johanes.

Tulisan “1.000 Rupiah” dan lambang Garuda pada bagian depan pecahan uang logam Rp1.000 kini digantikan dengan gambar Pahlawan Nasional Mr. I Gusti Ketut Pudja.
Gambar flora bunga melati pada bagian depan pecahan uang logam Rp500 digantikan dengan gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang.

Jokowi Tetapkan 12 Pahlawan Nasional Jadi Gambar Utama Mata Uang Rupiah | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Presiden Joko Widodo menetapkan gambar 12 pahlawan nasional sebagai gambar utama pada uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Atas dasar pertimbangan tersebut, pada 5 September 2016, Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 31 Tahun 2016 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama Pada Bagian Depan Rupiah Kertas dan Rupiah Logam NKRI.

Menurut keterangan Sekretariat Kabinet (Setkab) melalui website resminya di Jakarta, Rabu (14/9), menyebutkan dengan pertimbangan sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada pahlawan nasional, pemerintah memandang perlu mencantumkan gambar pahlawan yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional sebagai gambar utama pada bagian depan uang rupiah kertas dan uang rupiah logam NKRI.

Menurut keppres tersebut, penggunaan gambar dan nama pahlawan nasional sebagaimana dimaksud telah mendapat persetujuan dari ahli waris masing-masing pahlawan nasional. Keppres itu mulai berlaku pada tanggal ditetapkan yaitu 5 September 2016.

Rincian 12 pahlawan nasional dicantumkan pada pecahan uang rupiah kertas dan logam itu adalah:

1. Gambar Pahlawan Nasional Dr (HC) Ir Soekarno dan Dr (HC) Drs Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 100.000.

2. Gambar Pahlawan Nasional Ir H Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar pada bagian depan uang rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 50.000.

3. Gambar Pahlawan Nasional Dr GSSJ Ratulangi sebagai gambar pada bagian depan uang rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 20.000.

4. Gambar Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar pada bagian depan uang rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 10.000.

5. Gambar Pahlawan Nasional Dr KH Idham Chalid sebagai gambar pada bagian depan uang rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 5.000.

6. Gambar Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar pada bagian depan uang rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 2.000.

7. Gambar Pahlawan Nasional Tjut Meutiah sebagai gambar pada bagian depan uang rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 1.000.

8. Gambar Pahlawan Nasional Mr I Gusti Ketut Pudja sebagai gambar pada bagian depan uang rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 1.000.

9. Gambar Pahlawan Nasional Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang sebagai gambar pada bagian depan uang rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 500.

10. Gambar Pahlawan Nasional Dr Tjipto Mangunkusumo sebagai gambar pada bagian depan uang rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 200.

11. Gambar Pahlawan Nasional Prof Dr Ir Herman Johanes sebagai gambar pada bagian depan uang rupiah logam NKRI dengan pecahan Rp 100.

 

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru


TAGS   news / nasional / ekonomi / keuangan /


Author

Recent Post

Recent Comments

Categories

Archive