PT. Rifan Financindo Berjangka News

KNKT Terjunkan Tim Selidiki Insiden Trigana Air

13 Sep 2016 - 10:29 WIB

KNKT investigasi insiden Trigana Air | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono memastikan pihaknya bakal menginvestigasi insiden tergelincirnya pesawat Trigana Air bernomor PK-YSY, TGN-7321 di bandara Wamena. Bahkan, ia mengaku salah satu anggotanya telah berada di Sentani, Papua.

“Pasti, anggota saya sekarang ada di Papua, tapi belum bisa mendekat ke Wamena karena bandara masih ditutup,” ujar Soerjanto di Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Sementara hari ini, lanjut Soerjanto, tiga anggota KNKT juga bakal ditugaskan untuk berangkat ke Wamena. Mereka akan menggali informasi terkait insiden tersebut. “Hari ini tiga orang juga bakal berangkat (ke Wamena),” tandasnya.

Seperti diketahui, pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Wamena pagi tadi. Pesawat cargo tersebut mengangkut sejumlah bahan bakar dan logistik seperti gula dan beras.

Meski demikian, Soerjanto menyebut, KNKT telah mengizinkan otoritas bandara untuk mengevakuasi muatan pesawat yang dipiloti Captain Jatmiko tersebut. Selain itu, ia meminta agar pihak bandara juga memotret badan pesawat serta kondisi landasan yang diduga berlubang.

“Kami sudah izinkan bandara untuk pindahkan barang-barang di pesawat dan evakuasi pesawatnya. Kami juga meminta mereka untuk memotret tiap detail pesawat dan bandara (yang diduga berlubang-red),” imbuhnya.

 

Pesawat Trigana Air yang membawa suplai BBM tergelincir di Wamena | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

Dari foto yang beredar, sebagian badan pesawat sudah keluar dari landasan pacu. Bagian bawah badan pesawat, ada yang terkoyak.

Petugas pemadam kebakaran tampak sudah berada di lokasi untuk mengantisipasi kebakaran. Saat ini petugas tengah melakukan koordinasi untuk pemindahan badan pesawat dan muatannya.

Lewat akut twitternya, @abe_ptm, Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, mengunggah foto pesawat setelah insiden.
Ia mengungkapkan peristiwa ini akan mengganggu pasukan BBM di beberapa kota di Papua.
“Mohon maaf ada gangguan suplai BBM Jayapura - Wamena karena pesawat Boeing 737 Trigana yang kami sewa tergelincir di Wamena,” cuit Ahmad Bambang di akun twitternya.

Dari rekaman video yang beredar tampak pesawat yang berangkat dari Bandara Sentani itu mendarat tanpa roda belakang. Asap putih mengepul ketika bagian belakang pesawat bergesekan dengan landasan pacu saat mendarat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol. Patrige Renwarin, menegaskan ‘tidak ada korban jiwa’ dari peristiwa ini.
“Tapi landasan pacu berlubang, akibat gesekan badan pesawat. Pesawat yang hendak landing belum bisa (dilayani),” katanya kepada wartawan di Papua, Selasa (13/09) pagi.

Pesawat Trigana Air ini diketahui membawa pasokan BBM Pertamina, dengan muatan sebanyak 14.913 kg.

Masih lewat akun Twitternya, Direktur pemasaran Pertamina ini pun mengungkapkan, “ Bagaimana pun kondisinya, apapun resikonya, kami tetap hadapi agar tugas hadirkan energi ke seluruh negeri dapat tercapai.”

 

Trigana Kecelakaan, Penerbangan Bandara Wamena Sementara Dihentikan | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

As atau poros adalah pusat atau sumbu dari suatu lingkaran atau roda kendaraan.

Sementara itu Manajer Trigana Air Service Area Papua, Bustomi Eka Prayitno, membenarkan kejadian tersebut, namun belum menerima lengkap laporan insiden pesawat Trigana.

Pesawat jenis Cargo Trigana type YK-YSY gagal landing di Bandara Wamena sehingga membuat as roda pesawat patah, Selasa (13/9) pagi pukul 07.30 WIT.

Seorang penumpang yang hendak balik ke Jayapura, Findi Rukmeni saat dikonfirmasi Beritasatu.com membenarkan kejadian tersebut.

“Ya benar dan sementara ini penerbangan masuk dan keluar Wamena belum bisa dilakukan akibat insiden ini, “ujarnya.

 

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo


TAGS   news / nasional / peristiwa /


Author

Recent Post

Recent Comments

Categories

Archive